Total Tayangan Halaman

Rabu, 26 Oktober 2011

Asal Usul Kota Singkawang


Nama Kota Singkawang mungkin agak kalah populer dibandingkan dengan Kota Pontianak yang sama – sama berada di provinsi Kalimantan Barat. Pontianak dikenal sebagai ibukota Kalimantan Barat serta dikenal karena memiliki Tugu khatulistiwanya.
Singkawang sebenarnya juga memiliki kekhasan sendiri yang tidak kalah menarik dengan kota Pontianak. Kota Singkawang dikenal dengan sebutan “Kota Seribu Kuil”, yang berlokasi sekitar 4 jam perjalanan dari kota Pontianak ini. Hampir disetiap sudut kotanya berdiri Kelenteng atau wihara atau pekong yang dihiasi dengan hiasan naga serta warna merah yang semarak.
Pada mulanya, kota Singkawang hanyalah sebuah desa pada zaman Kesultanan Sambas.Sebelum ke daerah Monterado, biasanya para pedagang dan petambang emas yang dominan dari warga etnis Cina singgah terlebih dahulu di daerah Singkawang untuk melepas rasa lelah mereka dan juga sebagai tempat transit atas hasil penambangan emas mereka.
Asal mula nama Singkawang berasal dari kata San Keuw Jong yang merupakan bahasa Hakka yang berarti laut, sungai dan gunung. Hal ini dikarenakan Singkawang sendiri berbatasan dengan laut Natuna serta memiliki sungai dimana air sungainya mengalir dari pegunungan.
Seiring dengan perkembangan zaman, kota Singkawang menjadi berkembang, sehingga banyak penambang emas dari etnis Tionghua beralih profesi menjadi pedagang maupun petani serta membaur dengan penduduk sekitar yang berasal dari suku Dayak dan Melayu.
Rumah Tua Marga Xie menjadi saksi bisu atas berkembangnya peradaban suku Tionghua pada saat itu. Rumah ini berumur sekitar 109 tahun.Pada zaman dulu, Marga Xie merupakan keluarga yang sangat kaya dan terpandang dari etnis Tionghua.
Bila anda berkunjung ke Singkawang, jangan lupa untuk mampir ke Wihara Tri Dharma Bumi Raya dengan alamat di Jalan Sejahtera yang berada di pusat kota Singkawang. Wihara ini dibangun pada tahun 1933 dan dipercaya sebagai tempat berdiamnya sang Dewa Bumi Raya yang bertugas menjaga kota Singkawang.
Cobalah mampir ke Wihara Chikung Budha , dimana apabila anda menaiki lantai 2 dan 3 nya, maka anda dapat melihat pemandangan Singkawang yang indah dengan dihiasi pegunungan serta hamparan sawah yang menhijau yang menyejukkan mata.
Kelenteng lainnya yang dapat anda kunjungi adalah Wihara Sura Neraka yang sarat akan simbolisasi tentang neraka dan surga. Tempat ibadah umat yang beragama Tao ini mengingatkan kita bahwa setiap perbuatan akan mendapatkan balasan di alam selanjutnya.
Bagian bawah Wihara ini menggambarkan tentang neraka dan sebaliknya bagian atas  dari kompleks wihara ini merupakan Wihara Surga , dimana terdapat air yang mengalir keluar dari mulut naga. Anda dapat meneguk air yang berasal langsung dari pegunungan Pasi tersebut.
Cobalah berkunjung ke Kota Singkawang…

1 komentar: